Cara Trending di YouTube Paling Efektif dan Harus Anda Coba

Diposting pada

Kini banyak para konten kreator yang mencari cara trending di YouTube yang paling efektif dan terbukti ampuh. Video yang berhasil masuk tab trending YouTube tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi para konten kreator.

Cara Trending di YouTube Paling Efektif dan Harus Anda Coba

Maka tidak heran jika banyak konten kreator yang berlomba-lomba untuk membuat video terbaik agar dapat masuk ke tab trading.

Semua itu tidak semudah yang Anda bayangkan, karena ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan perhatikan dengan seksama?

Apa saja itu? Untuk mengetahuinya simak penjelasan secara lengkap berikut ini.

Apa itu Trending YouTube?

Mengetahui cara trending di YouTube tidak akan lengkap apabila Anda belum mengenal tab trending YouTube secara lebih dalam.

Trending YouTube merupakan suatu upaya untuk membantu penonton dalam melihat apa saja yang sedang populer pada platform YouTube dari seluruh dunia.

Trending sendiri bertujuan untuk menampilkan beberapa video yang dianggap menarik oleh sebagian besar penonton. Beberapa video yang masuk trending seperti video lagu baru dari artis populer atau cuplikan dari film baru.

Bahkan tidak jarang terdapat video viral yang masuk tab trending meskipun video tersebut tidak sesuai dengan kaidah SEO YouTube. Maka banyak konten kreator yang melakukan berbagai upaya agar video masuk ke dalam trending.

Hal ini karena video yang masuk tab trending YouTube kemungkinan besar memiliki jumlah views yang banyak bahkan lebih dari perkiraan.

Tidak hanya itu saja, dengan video trending maka semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan uang yang lebih banyak.

5 Cara trending di YouTube Paling Efektif

trending YouTube merupakan suatu hal yang tidak mudah untuk Anda capai, Anda harus membuat video yang sesuai dengan algoritma trending.

Namun, ada 5 cara trending di YouTube paling efektif yang bisa Anda coba berikut ini.

1. Berikan Thumbnail Menarik

Pemberian thumbnail yang menarikĀ  termasuk salah satu cara tepat agar video dapat menduduki tab trending YouTube. Namun, thumbnail yang menarik saja belum cukup membuat penonton merasa tertarik dan berakhir mengklik video Anda.

Buat thumbnail video Anda jadi lebih menarik lagi dengan memberikan cuplikan video. Banyak YouTuber besar yang telah membuktikan bahwa cara ini dapat menarik perhatian penonton dan berakhir mengklik video Anda.

Bukan hanya itu saja, Anda juga harus membuat cara lain agar thumbnail video terlihat menarik minat penonton. Cara lain yang bisa Anda coba yaitu dengan menambahkan profil muka Anda ke dalam thumbnail video.

Cara ini cukup efektif dan kemungkinan besar dapat menarik penonton untuk mengklik video. Karena kehadiran foto profil muka Anda akan membuat video terasa lebih hidup, nyata dan terlihat lebih manusiawi.

2. Buat Video Berdurasi 8 Hingga 10 Menit

Cara trending di YouTube selanjutnya yang bisa Anda coba adalah membuat video yang berdurasi panjang minimal 8 hingga 10 menit.

Namun jangan buat video yang terlalu panjang dan isinya terkesan monoton yang justru akan membuat penonton bosan.

Berdasarkan sebuah riset, video berdurasi minimal 8 menit mampu menarik lebih banyak penonton atau viewers. Video berdurasi 8 menit memungkinkan Anda untuk mendapatkan 350 persen lebih banyak views daripada video berdurasi 5 menit.

Penerapan strategi ini sangat tepat karena sama dengan algoritma YouTube yaitu lebih mengedepankan video yang berdurasi 8 hingga 10 menit. Namun, Anda tetap harus memilih topik yang tepat untuk Anda sampaikan dalam video tersebut.

Tanpa adanya topik yang tepat dan menarik, video berdurasi 8 atau 10 menit yang Anda buat tidak akan menarik perhatian penonton. Anda bisa mengambil contoh pembahasan dari video-video YouTube yang memiliki durasi sama sengaja topik.

3. Perhatikan Niche Channel YouTube

Niche Channel YouTube juga perlu Anda perhatikan karena menjadi salah satu cara trending di YouTube secara efektif. Caranya, tentukan Niche khusus yang nantinya akan Anda ulas dalam sebuah video YouTube.

Ciptakan konten-konten yang menarik dengan satu jenis Niche atau konten yang lebih spesifik. Contohnya jika Anda mengambil Niche horor, cukup fokus untuk membuat konten-konten yang membahas hal horor.

Sehingga Anda tidak perlu membuat konten yang membahas Niche artikel lain di luar niche horor. Ini merupakan strategi yang tepat agar Anda memiliki kelompok audiens yang sesuai dengan minat dan keperluan secara lebih spesifik.

Bukan hanya itu saja, cara ini secara tidak langsung akan meningkatkan loyalitas audiens. Sehingga dapat membuat video Anda bersaing dengan channel yang lebih besar meskipun Anda tergolong YouTuber pemula.

4. Konsisten Upload Video

Cara trending di YouTube yang tidak boleh Anda lewatkan adalah konsisten Upload video. Upload video secara konsisten dan teratur mampu mendorong video masuk ke dalam tab trending YouTube lebih cepat.

Apakah hal ini penting? Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan karena upload video secara rutin akan membuat penonton jadi meningkat. Sehingga berpengaruh terhadap loyalitas audiens yang menjadi semakin tumbuh.

Loyalitas audiens semakin bertumbuh karena audiens harus lebih mengantisipasi terhadap konten yang akan Anda upload. Agar terlihat lebih maksimal, Anda harus melakukan upload video dengan konten yang berkelanjutan.

Sehingga penonton akan lebih tertarik untuk menyimak video yang akan Anda upload mendatang. Jadi, mulai sekarang Anda harus lebih rajin dan konsisten dalam meng-upload video konten pada platform YouTube.

5. Berikan CTA Pada Akhir Video

Cara trending di YouTube yang terakhir adalah menyediakan CTA pada penghujung video. CTA atau Call To Action merupakan sebuah tulisan, gambar atau ucapan yang membuat penonton melakukan Action.

CTA berfungsi untuk meningkatkan jumlah engagement dalam video konten baik berupa jumlah comment maupun jumlah likes. Secara tidak langsung, CTA juga dapat menumbuhkan jumlah subscriber dalam Channel YouTube Anda.

Banyak YouTuber pemula yang belum menerapkan penggunaan CTA dalam video karena kurang tahu manfaat dari engagement. Padahal, engagement berpeluang besar untuk mendorong konten ke dalam tab trending.

Maka dari itu, mulai saat ini Anda harus berusaha memberikan CTA semenarik mungkin dalam akhir video. Agar engagement rate dapat meningkat dan konten Anda berpeluang besar masuk ke dalam trending YouTube.

Tips Penting Agar Video Masuk trending

Cara trending di YouTube tersebut tidak cukup untuk membuat video konten Anda memasuki tab trending Youtube. Ada beberapa tips penting yang harus Anda lakukan seperti membuat konten dengan tema atau konten yang sedang tren.

Bukan hanya itu saja, namun membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk bisa mendapatkan viewers hingga subscribe. Hingga pada akhirnya pihak YouTube memutuskan untuk menempatkan video Anda pada tab trending.

Anda juga perlu memilih konten atau tema semenarik mungkin dan pastinya selalu cerdas mengikuti perkembangan apa yang sedang trend atau digandrungi dunia.

Itulah beberapa cara trending di YouTube yang paling efektif dan harus Anda coba. Pastinya video yang memasuki tab trending akan membuat Anda mendapatkan banyak keuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *