7 Tips Menulis Deskripsi Video Youtube Agar Viral

Diposting pada

Tips menulis deskripsi video youtube adalah sebuah jalan agar video bisa viral tetapi tidak dengan cara-cara yang melanggar aturan. Semua youtuber pasti membutuhkan tips ini terutama bagi mereka yang ingin segera mendapatkan penghasilan dari iklan.

Deskripsi sendiri memang mempunyai peran penting terhadap popularitas video bahkan jika deskripsi tidak dimunculkan viewer juga tidak bakalan menemukan video tersebut.

Sekalipun demikian youtuber tetap tidak boleh menulis deskripsi dengan asal asalan atau viewer benar-benar akan hengkang.

Baca Juga :

Tips Menulis Deskripsi Video Youtube Agar Viral

Maka dari itu, pada artikel berikut ini akan dijelaskan tentang tips menulis deskripsi video di Youtube dan semoga apa yang dijelaskan bisa menjadi pembuka wawasan para youtuber di Indonesia. Ini dia tips yang dimaksud:

1.  Silakan Tulis Deskripsi yang Informatif

Tips menulis deskripsi video youtube yang pertama ialah silakan tulis deskripsi yang informatif agar pembaca tahu esensi dari deskripsi tersebut.

Makanya, silakan buat deskripsi yang se-simpel mungkin dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Tulisan deskripsi video yang informatif terletak pada subjek, predikat, objek dan keterangan yang jelas alias tidak ambigu.

Sehingga pembaca menjadi tahu tentang esensi video hanya dengan membaca deskripsi-nya dan mungkin juga mereka tertarik untuk langsung menonton videonya.

2. Buat Deskripsi yang Unik

Deskripsi yang unik adalah deskripsi yang ditulis atas inisiatif sendiri bukan dari mengambil deskripsi orang (copy paste). Jika tulisanmu unik tentu yang dilihat oleh pembaca adalah ciri khas bukan justru plagiat.

Sedangkan kalau deskripsi hasil plagiat tentu pembaca akan malas membacanya dan video akan dikecam habis tanpa ditonton oleh viewer. Tentu yang rugi adalah youtuber karena gagal mendapatkan penghasilan dari youtube bahkan mungkin akan mendapatkan teguran dan banned.

3. Tidak Membuat Deskripsi dengan Jumlah Kata Terlalu Banyak

Jika ingin deskripsi video dibaca orang silakan buat deskripsi sejelas mungkin namun pastikan jumlah katanya tidak terlalu banyak. Kalau jumlah kata terlalu banyak tentu viewer juga malas untuk membacanya sehingga deskripsi bahkan videonya pun akan ditinggalkan.

Jumlah kata untuk penulisan deskripsi video youtube yang ideal adalah 100 sampai 200 kata dan jika lebih dari itu, deskripsi sudah termasuk panjang dan tidak lagi ideal. Tak hanya itu, semakin panjang sebuah deskripsi biasanya konsentrasi pada tema juga terganggu yang efeknya pembaca akan kesulitan untuk memaknai deskripsi tersebut.

4. Masukkan Kata Kunci di Deskripsi

Setiap konten video yang akan diunggah pasti ada kata kunci atau keyword yang menjadi tema dari video tersebut.

Nah, jika ingin deskripsi video mudah ditemukan orang, tentu youtuber juga harus memasukkan kata kunci ke deskripsi dan sebisa mungkin youtuber harus menonjolkannya. Kata kunci yang benar adalah kata kunci yang singkat atau kata kunci yang terdiri dari 3-4 kata saja.

Umumnya kata kunci ini berdiri sendiri atau dalam arti lain youtuber tidak boleh memisahkannya dengan menyisipkan kata baru pada KW.

5. Buat Tag Khusus

Kata kunci atau keyword adalah tema pokok yang ada di dalam deskripsi video. Walaupun demikian sepertinya kw tidak mencukupi untuk mengenalkan deskripsi kepada khalayak ramai dan harus diberikan tips pendukung agar deskripsi menjadi viral.

Salah satu cara untuk mempopulerkan deskripsi video youtube adalah dengan membuat tag khusus yang bisa diklik oleh viewer demi mempermudah pencarian video. Tag ini biasanya diawali dengan tanda pagar yang diletakkan di awal kw turunan yang kemudian lebih populer disebut tagar.

6. Usahakan 100 Karakter Pertama harus Bagus

Sejatinya tidak mungkin semua deskripsi akan muncul ke tampilan awal ketika video sudah aktif melainkan pasti ada deskripsi yang tersembunyi. Untuk mengetahui semua deskripsi, viewer tinggal klik Tampilkan lebih Banyak maka baru semua deskripsi akan terlihat dan bisa dibaca.

Maka dari itu, usahakan di 100 karakter pertama youtuber harus mampu menghadirkan informasi yang berkesan pada pembaca. Sehingga pembaca lebih berminat untuk membaca deskripsi secara keseluruhan sekaligus merasa enggan untuk meninggalkan channel tersebut.

7. Buatlah Deskripsi yang Mewakili Keseluruhan Konten

Tips menulis deskripsi video You Tube yang terakhir adalah silakan membuat deskripsi yang isinya mewakili keseluruhan konten video.

Sedangkan deskripsi sendiri merupakan rangkuman dari video yang dituliskan menjadi sebuah cerita atau review. Jika pembaca memahami deskripsi video yang dituliskan oleh youtuber tentu potensi mereka menonton video sangat besar.

Sebaliknya, jikalau deskripsi video tidak mewakili isi dari konten tentu viewer akan malas untuk melanjutkan membaca yang artinya juga video tidak akan ditonton sampai selesai. Maka dari itu, silakan buat deskripsi video youtube dengan benar dan sejelas mungkin.

Itulah beberapa tips menulis deskripsi video youtube yang perlu dipelajari oleh youtuber Indonesia. Jangan lupa untuk selalu berlatih menulis serta rajin membaca karena dua aktifitas inilah yang akan membuat tulisan youtuber benar-benar berkualitas tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *