Cara Optimasi Channel Youtube

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Optimasi Channel Youtube? Youtube merupakan platform yang di dalamnya menyediakan ribuan atau mungkin ratusan juta video dengan berbagai kategori.

Setiap hari selalu ada orang yang mengupload video baru dan ada jutaan pengguna aktif. Seseorang yang mengupload video di Youtube bukan hanya sekadar untuk mendapatkan view.

Mereka juga ingin agar akunnya tersebut semakin berkembang dan bahkan videonya mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencarian.

Baca Juga :

Memang ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat videomu mendapatkan peringkat yang bagus di Youtube. Kamu harus memahami bahwa Youtube mempunyai algoritmanya sendiri untuk menentukan peringkat dari sebuah video. untuk itu, kamu perlu memahami informasi yang akan kami bahas di bawah ini.

Cara Optimasi Channel Youtube

Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa cara optimasi channel Youtube yang bisa kamu lakukan.

1. Membuat Video yang Berfokus pada Kata Kunci Tertentu

Cara pertama yaitu kamu harus membuat konten yang fokus pada kata kunci tertentu. Meskipun ini terbilang mudah namun nyatanya banyak orang yang tidak terlalu memperhatikannya.

Sama halnya ketika kamu ingin membuat blog atau artikel, kamu harus membuat sebuah konten yang sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan.

Begitu juga ketika membuat konten Youtube. Kamu harus menghadirkan sebuah konten yang pembahasannya tidak melenceng dari keyword yang kamu gunakan. Dengan begitu channelmu tetap menyajikan karya-karya yang relevan.

2. Mengoptimasi Judul serta Deskripsi

Youtube adalah sebuah layanan website yang memiliki search engine di dalamnya. Maka tidak heran jika kamu bisa menemukan berbagai video yang kamu inginkan sesuai kata kunci yang kamu masukkan.

Bahkan Youtube berada di urusan kedua yang paling banyak digunakan setelah Google. Jika kamu ingin konten-kontenmu memiliki peringkat yang lebih baik, maka kamu harus melakukan optimasi pada judul serta deskripsi.

Judulnya tidak perlu catchy kecuali jika kamu memang orang yang suka dengan clickbait. Namun yang jelas kamu harus menuliskan keyword yang akan kamu optimasi.

Selain itu, algoritma search engine pada Youtube melakukan indeks dengan berdasarkan meta data. Tipsnya, selain menuliskan keyword pada judul, kamu juga harus meletakkan kata kunci tersebut pada dua kaimat pertama video yang kamu unggah.

Namun ingat jangan pernah mencoba curang. Tidak sedikit pemilik akun Youtube yang malah menggunakan kata kunci secara berulang pada deskripsi videonya.

Jika kamu melakukan hal tersebut, kemungkinan kamu akan terkena penalti Panda atau Penguin. Hampir sama seperti yang kamu temukan pada SEO.

Sementara itu, pada bagian deskripsi lebih baik kamu menulis seperti kesimpulan tentang apa yang sedang kamu bahas. Tidak jauh berbeda dengan kesimpulan yang ada pada artikel di blog.

3. Buat Thumbnail Menarik atau Clickbait

Sama halnya seperti sebuah artikel yang dioptimasi SEO, video di Youtube pun juga akan mengalami hal yang sama.  Ada kalanya sebuah video yang menghadirkan thumbnail atau clickbait membuat orang tertarik untuk menonton video tersebut.

selain itu, biasanya video yang dihadirkan dalam bentuk clickbait akan memiliki jumlah pengunjung yang lebih banyak dibandingkan yang tidak menggunakannya.

Mungkin kamu sendiri pernah melihat ada sebuah konten yang menggunakan clickbait. Sampai sekarang, penggunaannya pun tetap menjadi perdebatan. Mengapa? Karena ada yang berpendapat bahwa menggunakan clickbait terkadang merugikan penonton.

Mereka harus menonton sebuah video yang terkadang isinya malah tidak sesuai dengan clickbait yang muncul. Jika memang kamu ingin menggunakan clickbait, maka usahakan bahwa konten yang ada di video yang kamu miliki sesuai dengan clickbait.

4. Menggunakan Youtube Cards

Youtube mempunyai fitur tambahan terkait channel yang memiliki jam tonton panjang. Fitur tersebut bernama Youtube Cards.

Dengan adanya fitur ini, seseorang yang akan mengupload video bisa meletakkan link tertentu yang nanti bisa diklik oleh penonton. Jika kamu perhatikan, beberapa channel Youtube besar biasanya meletakkan link video rekomendasi pada video yang diunggahnya.

Link tersebut biasanya berisi ajakan untuk melakukan subscribe maupun memberikan link yang nantinya akan mengarahkan penonton menuju website atau toko online.

Youtube juga dibekali fitur di mana kamu bisa mengecek kira-kira di menit berapa orang banyak yang berhenti menonton videomu.

Dikarenakan Youtube lebih suka pengguna yang menonton lebih lama karena bisa menampilkan iklan, maka kamu dapat memanfaatkan Youtube Cards ini pada titik tersebut.

Tujuannya agar mereka bisa tetap menonton video yang kamu unggah. Semakin lama mereka menonton videomu, maka semakin tinggi peringkat videomu.

5. Memanfaatkan Playlist

Cara optimasi channel Youtube juga bisa dengan memanfaatkan playlist. Ketika kamu sudah selesai menonton salah satu video. biasanya Youtube akan menunjukkan daftar rekomendasi video mana saja yang bisa kamu tonton selanjutnya. Bisa jadi video milikmu sendiri atau video dari channel lain.

Untuk membuat penonton semakin lama brada di kontemu, maka kamu bisa melakukannya dengan menghadirkan playlist video. tidak sedikit orang yang mengetahui bahwa kamu bisa melakukan trigger melalui play video tersebut melalui sebuah link.

Kamu juga bisa menggunakan cara yang kelima ini bersamaan dengan penerapan Youtube Cards atau bisa dengan meletakkan link di bagian deskripsi video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *