Cara Kerja Fitur Shorts Pada Youtube dan Apa Keuntungannya

Diposting pada

Youtube memiliki fitur andalan terbaru yaitu Youtube Shorts. Fitur ini menarik di mana para penonton bisa menikmati video pendek seperti halnya yang ada di Instagram Reels dan Tiktok.

Cara Kerja Fitur Shorts Pada Youtube dan Apa Keuntungannya
Cara Kerja Fitur Shorts Pada Youtube dan Apa Keuntungannya

Cara kerjanya pun sangat sederhana. Pemilik channel Youtube tinggal mengupload video pendek dengan durasi 60 detik melalui fitur Shorts tersebut.

Kemudian para penonton Youtube akan otomatis melihat video tersebut dan tinggal menontonnya.

Fitur Youtube Shorts ini menjadi sebuah pilihan bagi orang-orang yang hanya ingin menikmati video seru berdurasi pendek. Biasanya fitur Shorts tersebut juga dimanfaatkan untuk keperluan marketing.

Pengertian Youtube Shorts

Youtube Shorts merupakan fitur andalan Youtube yang pertama kali diluncurkan di tahun 2005. Para pendiri Youtube sudah belajar bahwa memang konten yang ada di dalam platform tersebut tidak harus menunggu waktu lama agar bisa menarik minat audiens.

Setelah melakukan berbagai percobaan serta melihat seperti apa kesuksesan yang diraih oleh TikTok dan Instagram Reels, sekarang Youtube sudah siap memperkenalkan fiturnya tersebut.

Youtube Shorts adalah tempat di mana para konten kreator dapat mengupload video pendek pada aplikasi Youtube versi mobile. Video yang diunggah tersebut memiliki durasi 60 detik dan dihadirkan dalam format vertika.

Kamu juga bisa membuatnya di luar aplikasi dengan waktu yang sama. Akan tetapi, nanti kamu harus memberikan tagar atau hashtag #shorts agar nanti bisa masuk ke dalam fitur Shorts.

Memang ada yang mengatakan bahwa Youtube Shorts masih dalam tahap beta. Akan tetapi, fitur ini memberikan sebuah hasil yang cukup bagus di berbagai negara.

Salah satunya yaitu India. Berdasarkan keterangan dari CEO Google dan Aphabet yaitu Sundar Pichai, pada akhir Februari yang lalu Youtube Shorts yang ada di Indonesia sudah ditonton sebanyak lebih dari 3,5 miliar.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Like Video YouTube

Kelebihan Youtube Shorts

Apa saja kelebihan yang dimiliki Youtube Shorts? Untuk membuatmu semakin yakin dengan aplikasi ini, berikut kami akan menjelaskan beberapa kelebihannya.

  1. Video Search Engine

Salah satu yang menjadi kelebihan Youtube Shorts adalah hadirnya fitur bernama video search engine. Fitur ini membuat para pengguna Youtube bisa menemukan di mana konten yang mereka ingin tonton dengan berdasarkan minat.

Dengan begitu, marketer bisa memiliki gambaran secara jelas mengenai konten seperti apa yang harus ditampilkan.

Cukup memastikan judul pada Shorts yang memiliki kata kunci yang sesuai, maka videomu tersebut bisa menarik audiens secara tepat. Jadi memang kuncinya ada di keyword yang kamu sematkan.

  1. Content Library

Nanti video yang masuk ke dalam Youtube Shorts akan masuk secara otomatis ke dalam channel library. Dengan begitu, para pengguna bisa mengaksesnya secara lebih mudah.

Ada banyak platform yang memiliki konten dengan durasi pendek yang tiba-tiba menghilang ketika durasi penayangan selesai.

Berbeda dengan fitur Shorts ini di mana para audiens tetap akan tertarik dengan video yang kamu unggah. Hal ini karena videomu tersebut akan bertahan selamanya. Adanya content library  ini juga menjadi solusi untuk bisa meningkatkan jumlah penonton di channel yang kamu miliki.

  1. Tempat untuk Bereksperimen

Pernahkah terpikirkan bahwa fitur Youtube Shorts bisa menjadi tempat eksperimen? Maksudnya, ketika kamu membuat sebuah konten dengan durasi panjang, maka ini memerlukan waktu yang lama dan terkadang dana yang tidak sedikit. Sementara melalui Youtube Shorts, kamu bisa mengupload video berdurasi pendek.

Jadi, kamu bisa menjadikan fitur ini untuk mengetahui apakah audiens suka dengan kontenmu. Cobalah upload beberapa video melalui Shorts.

Kemudian kamu tinggal mengecek seperti apa respon yang diberikan oleh penonton. Setelah itu, kamu memiliki gambaran apakah audiens memang tertarik dengan konten atau ide yang kamu miliki atau tidak.

Cara Menggunakan Youtube Shorts

Setelah mengetahui kelebihan Youtube Shorts, cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Buka Youtube
  • Masuk ke menu Shorts
  • Silakan klik ikon bergambar kamera yang terdapat di pojok kanan atas
  • Nanti kamu bisa langsung merekam melalui kamera tersebut dengan menekan serta menahan tombol merah. Untuk durasi defaultnya 15 detik. Namun kamu bisa membuat video yang lebih lama dengan durasi maksimal 60 detik
  • Kamu juga bisa mengupload video melalui Galeri dan pastikan durasinya sudah sesuai
  • Sekarang silakan mengatur kecepatan video yang akan kamu upload
  • Klik tanda centang yang ada di sisi kanan bawah
  • Langkah berikutnya, klik Edit video Short di mana kamu bisa menambahkan teks, musik, atau filter
  • Jika sudah, klik Next
  • Untuk pengguna baru bisa memasukkan deskripsi video atau tagar #Shorts pada deskripsi tersebu. fungsinya hampir sama dengan tagar #FYP yang ada di TikTok
  • Klik Upload

Sekian penjelasan tentang seperti apa cara kerja Youtube Shorts dan beberapa kelebihannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *