Apa Saja Persiapan Menjadi Food Vlogger?

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Apa Saja Persiapan Menjadi Food Vlogger? Sekarang adalah era di mana orang mengupload dan mempublikasikan berbagai hal yang mereka lihat atau rekam ke media sosial.

Apa Saja Persiapan Menjadi Food Vlogger
Apa Saja Persiapan Menjadi Food Vlogger

Terlebih lagi para millennials di mana mereka memang terkenal aktif menggunakan jejaring media sosial seperti Facebook, Instagram,  YouTube, dan lain-lain.

Setiap hari akan selalu ada konten baru yang hadir dan ditonton oleh jutaan orang.

Selain itu, ada banyak orang yang berprofesi sebagai vlogger. Vlog merupakan kegiatan untuk menunjukkan aktivitas tertentu. Ada banyak kategori vlogger, salah satunya adalah food vlogger.

Seorang food vlogger akan mengulas berbagai makanan dari berbagai restoran atau daerah. Menjadi food vlogger memang menghadirkan keseruan tersendiri. Tidak heran jika banyak yang tertarik untuk menjadi food vlogger.

Baca Juga :

Apa Saja Persiapan Menjadi Food Vlogger

Jika kamu tertarik  untuk menjadi  seorang food vlogger, ada beberapa persiapan yang perlu kamu ketahui.

1. Memulai dengan Hal Sederhana

Jika ingin memulai sesuatu, kunci pertama kamu jangan bingung dan harus tetap percaya diri. Jangan terlalu bingung untuk menyajikan sesuatu yang sempurna.

Terkadang orang yang ingin menekuni sesuatu merasa bingung. Mereka takut salah dan bahkan dipermalukan jika gagal.

Maka dari itu, kami menyarankan kamu memulai dengan sesuatu yang sederhana. Bangun niat dan selalu berpikir positif bahwa di sini kamu akan menjalankan sesuatu yang akan bermanfaat untukmu.

Salah satu yang kamu persiapkan untuk menjadi seorang food vlogger adalah kamera dengan kualitas yang bagus.

Jika tidak ada kamera, kamu bisa menggunakan kamera pada smartphone.

2. Mereview Makanan yang Unik atau Viral

Tips yang kedua adalah kamu harus mengulas makanan yang unik dan berbeda dengan makanan pada umumnya. Tidak harus menuntut mereview makanan mahal untuk kamu jadikan konten.

Fokuslah mencari makanan yang unik serta masih banyak orang yang belum mengetahui makanan tersebut.

Tujuannya adalah dengan menghadirkan sesuatu yang akan membuat para penonton penasaran dengan apa yang sedang kamu ulas.

Kamu perlu melihat sekitar apakah ada makanan unik yang bisa kamu review. Selain itu, kamu juga bisa mereview makanan yang viral atau makanan yang happening. Silakan mengulas makanan yang hangat dibicarakan.

Ini merupakan cara yang sangat efektif agar bisa meningkatkan jumlah penonton di log yang aku buat. Selain itu, subscriber atau followermu pun juga akan bertambah.

3. Siapkan Judul yang ‘Wow’

Mungkin kamu bingung maksud dari kata ‘wow’ tersebut. maksud menyiapkan judul yang wow adalah menghadirkan judul yang ketika ada orang membaca judul tersebut, jari mereka ingin langsung mengklik dan melihat isi vlog.

Pemilihan judul memang menjadi salah satu faktor yang akan berpengaruh terhadap minat orang untuk menonton vlogmu.

Maka dari itu, kamu harus menghadirkan judul yang membuat orang terkesima. Di sisi lain, kamu juga harus bersaing dengan para vlogger lainnya.

Namun ketika kamu bisa menghadirkan sebuah judul yang menarik dan membuat mereka penasaran, para penonton akan lebih menonton videomu dibandingkan video atau vlog orang lain.

Misalnya saja kamu sedang mereview makanan ‘bakso pocong’. Untuk menghadirkan rasa penasaran pada penonton, kamu perlu membuat judul seperti ‘bakso pocong yang benar-benar menyeramkan’.

Kemudian kamu gunakan thumbnail beserta ekspresi yang menunjukkan rasa tercengang.

4. Memiliki Ciri Khas di Bagian Opening

Persiapan menjadi Food vloger yang lainnya yaitu kamu harus menghadirkan ciri khasmu tersendiri di bagian pembuka.

Sebenarnya para konten kreator juga mengutamakan poin yang satu ini. Dengan memiliki ciri khas, maka orang akan lebih mengenalmu dan membuatmu berbeda dibandingkan para konten kreator yang lainnya.

Maka dari itu,  kamu harus memikirkan seperti apa ciri khas yang akan kamu hadirkan nanti.

Para penonton pun akan hafal dengan ciri khas tersebut dan akan selalu mengingatmu beserta konten yang kamu miliki. Misalnya sebelum mencicipi makanan, kamu memiliki ciri khas seperti slogan atau yel-yel tertentu.

5. Membuat Konten yang Interaktif dan Atraktif

Karena kamu seorang vlogger, maka yang akan menjadi fokus utama adalah apa yang kamu sajikan dalam kontenmu. Dalam menyajikan sebuah video, kamu harus membuat konten yang interaktif dan juga kreatif.

Misalnya ketika ingin mencicipi makanan, kamu menunjukkan ekspresi bahwa kamu tidak sabar ingin segera mencicipi makanan tersebut.

Akan lebih seru lagi jika kamu juga mengajak orang lain mengobrol sambil menikmati hidangan.

Kamu bisa mengajak teman atau penjual makanan untuk mengobrol. Kamu bahkan juga bisa mengajak bicara pelanggan lain yang datang ke tempat makan tersebut.

Jangan sampai hanya menyantap makanan tanpa ada obrolan karena hal tersebut malah akan membuat vlogmu membosankan.

Itulah beberapa penjelasan tentang beberapa persiapan yang harus kamu perhatikan ketika ingin menjadi seorang Food vloger.

Sekarang waktunya mempersiapkan semua hal agar hasil kontenmu menarik dan menjadi salah satu vlogger yang kontennya selalu ditunggu-tunggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *